AKSI PEDULI BANJIR

Oleh:

IBT & PHLB ULM

Banjarbaru / 16 & 18 Januari 2021

IBT ULM atau Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Lambung Mangkurat kembali mengadakan aksi sosial dalam rangka ikut berempati terhadap permasalahan yang saat ini sedang di hadapi masyarakat sekitar. Sebagaimana diketahui saat ini Propinsi Kalimantan Selatan di awal tahun 2021 dilanda bencana banjir yang terdampak hampir diseluruh wilayah kabupaten/kota mengalami banjir termasuk Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar yang merupakan dua kabupatan dan kotamadya yang wilayahnya berdekatan dengan Kampus ULM Banjarbaru.  Diperkirakan tahun ini adalah bencana banjir yang sangat besar setelah puluhan tahun yang pernah terjadi. Banyak korban yang tidak hanya mengalami kehilangan rumah, harta benda dan bahkan kehilangan nyawa sanak keluarga. Semua rakyat Kalimantan Selatan dan bahkan Indonesia turut berduka, dan banyak juga yang selain turut mendoakan juga membantu baik bantuan sembako, tenaga, dana dan lain sebagainya, agar saudara-saudara yang menjadi korban segera mendapat bantuan dan pertolongan.

Sehubungan dengan hal tersebut pada Hari Sabtu, 16 Januari 2021 dan Senin, 18 Januari 2021 IBT ULM bersama dengan PHLB ULM (Pusat Inovasi Teknologi Komersialisasi Manajemen Hutan & Lahan Basah Universitas Lambung Mangkurat) melaksanakan kegiatan “AKSI PEDULI BANJAR”.

Sabtu, 16 Januari 2021, ada beberapa tempat yang dikunjungi antara lain: Dapur umum Sektor Taufik Sekumpul Martapura, yang nantinya bantuan ini akan disebarkan ke tempat-tempat penampungan terdekat; Tempat pengungsian di Stadion Demang Lehman yang berada di Indrasari Martapura, stadion ini dipenuhi oleh para pengungsi dari balita, anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua, dengan jumlah pengungsi mencapai 800 orang; Sekolah Menengah Kejuruan, tepatnya di SMKN 1 Martapura dengan kedatangan pengungsi dari berbagai daerah dan wilayah dari Kabupaten Martapura.

Dapur Umum di Sekumpul, Gang Taufik

Stadion Demang Lehman

SMKN 1 Martapura

Kemudian IBT dan PHLB ULM melanjutkan kembali aksi Peduli Banjirnya pada tanggal 18 Januari 2021 di pengungsian yang terletak di wilayah Mandi Kapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, pengungsi di tempat penampungan ini juga beragam rentang usia yang datang dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, dengan jumlah pengungsian diperkirakan sekitar 300 orang.

Bersama dengan Pambakal Desa Mandi Kapau Barat

Penyerahan Bantuan dari IBT ULM

Sedangkan bantuan yang dapat diberikan IBT dan PHLB ULM berupa sembako, nasi bungkus, pakaian layak pakai, perlengkapan dan makanan bayi, minuman herbal yang diproduksi dari Tenant IBT ULM sendiri.

Acara Peduli Sosial ini selain bertujuan untuk membantu meringankan beban mereka sebagai korban yang terdampak banjir, selain itu juga untuk melatih dan membuka wawasan dan kepedulian pengelola IBT dan PHLB ULM serta tenant IBT ULM dan meningkatkan kapabilitas IBT dan PHLB ULM serta tenant IBT ULM. Mudahan aksi peduli sosial ini selain bermanfaat bagi korban banjir, juga membawa manfaat dan keberkahan bagi IBT dan PHLB ULM serta tenant IBT ULM.

Sebagai informasi juga bahwa Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Lambung Mangkurat (IBT ULM) sebagai suatu lembaga atau wadah yang menyediakan layanan inkubasi (membina/pendampingan/layanan) yang intensif, seperti pelatihan, konsultasi (manajemen,bisnis,SDM,marketing), promosi, akses pembiayaan, legalitas produk dan usaha, akses penguatan teknologi, yang bertujuan untuk menciptakan, menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha baru/pemula yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi, kepada mahasiswa, alumni dan masyarakat yang berminat menjadi seorang wirausaha pemula, IBT ULM siap membantu untuk mewujudkannya, silakan yang berminat untuk berkunjung ke kantor IBT ULM yang berlokasi di Gedung IV Lantai I Kampus ULM Banjarbaru.

 

Sumber: Sekretariat IBT ULM / WebIBT_Berita01_180121