“SUKSES STORY TENANT IBT ULM DALAM PENGEMBANGAN PRODUK BERBASIS ALAM DAN LAHAN BASAH”

Webinar Inkubator Bisnis Teknologi

Universitas Lambung Mangkurat (IBT ULM) Serie 4

Banjarbaru/ 26 Oktober 2020

WEBINAR Seri ke 4 yang diselenggarakan oleh Inkubator Bisnis Teknologi Univeritas Lambung Mangkurat (IBT-ULM) yang dilaksanakan pada hari Senin, 26 Oktober 2020 pada jam 09.00 WITA sampai dengan selesai. Pada webinar kali ini mengusung topic ”Sukses Story Tenant IBT ULM Dalam Pengembangan Produk Berbasis Alam dan Lahan Basah”, topic ini dipilih karena sangat diharapkan oleh para tenant IBT ULM ataupun masyarakat wirausaha dan kaum millennial yang mungkin belum termotivasi untuk menjadi seorang entrepreneur muda, sehingga topik seperti ini sangat diharapkan untuk memberikan ide, inspirasi, motivasi, solusi, wawasan, pengalaman, sehingga yang belum punya ide usaha apa menjadi punya ide, yang belum termotivasi menjadi termotivasi, yang usahanya belum berkembang menjadi semangat dan dapat solusi untuk lebih meningkatkan lagi semangatnya sehingga omset produk dan pendapatan menjadi lebih meningkat lagi.

 

Webinar ke 4 ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc beliau selaku Wakil Rektor 4 Universitas Lambung Mangkurat sekaligus sebagai Pembina Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Lambung Mangkurat (IBT ULM), pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa topic yang di berikan pada saat ini dengan nara sumber dari tenant IBT ULM menjadikan motibasi, inspirasi bagi yang ingin menjadi seorang wirausaha, diharapkan Universitas Lambung Mangkurat yang kedepan melahirkan lebih banyak lagi para Entrepreneur muda yang sukses dan mandiri yang sejalan dengan misi Universitas Lambung Mangkurat yang menjadi entrepreneur University, kita tidak bisa tergantung dengan lapangan pekerjaan yang ada tapi kita diharapkan membuka lapangan pekerjaan. Apalagi sumber daya alam di Kalimantan Selatan ini dengan berbahan alam sangat beragam dan sangat besar potensinya untuk bisa dikembangkan, dengan satu bahan dasar alam bisa dikembangkan dengan berbagai macam produk yang berinovasi. Harapan kita semua peserta webinar terinspirasi dengan yang akan disampaikan oleh Nara Sumber. Kegiatan seperti ini sangat mendukung untuk menjadi Universitas yang berbasis Wirausaha, maka dari itu Universitas Lambung Mangkurat sangat mendukung Inkubator Bisnis Teknologi ULM semakin berkembang dan mandiri, bisa membantu masyarakat luas, tidak hanya tenant IBT ULM dan alumni saja.

 

Nara sumber yang dihadirkan pada Webinar ke 4 ini sangat berpengalaman dan menguasai di bidangnya masing-masing, ada tiga nara sumber yang berbicara pada webinar kali ini, Nara sumber yang pertama adalah Muhammad Sholih ‘Afif, S.Kom (CEO PT Saka Tech Indonesia), Produk Filtro Smart Water & Digiinfo.Id)”, lebih lanjut Mas Afif menyampaikan bahwa, bagaimana Filtro Smart ini bisa berkembang sampai sekaranag karena dibawah pendampingan dan inkubasi dari IBT ULM, di setiap event pameran bersama mitra dan kesempatan terutama untuk sosialisasi dan promosi produk, serta informasi-informasi pendanaan, IBT ULM selalu memberikan kesempatan dan informasi kepada kami untuk mengikutinya sehingga porduk kami semakin terkenal dan kami semakin bisa menyempurnakan produk kami yang semula portable dan sangat berat untuk diangkat sendirian sekarang produk kami sudah menjadi filtro dan menjadi ringan dan tidak perlu 2 sampai 3 orang lagi utk mengangkat mesin ini.

Nara Sumber kedua adalah Nila Cahya, S.Mat adalah (CEO Moringa Karya Mandiri), pada kesempatan menyampaikan tentang “produk Moringa Milk Tea, Chocomart, Gaol Dried Leaves, GAOL Tea Bags” disampaikan Mba Nila awal mula membuat produk ini tahun 2018 diajak teman untuk mengenal tentang produk Moringa (Kelor) yang diolah menjadi sebuah bisnis, ditambah motivasi yang kuat karena Ibu kandung yang sedang sakit diabetes da nada hipertensinya, karena sakit diabetes tidak boleh makan sembarangan dan harus menjaga pola hidup dan pola makan yang diasumsi, kemudian mencari bahan alam apa yang bisa mengobati penyakit ibunya agar bisa sakit gulanya bisa turun dan ibu bisa sehat, mencari-mencari info dan riset akhirnya ketemulah dengan Moringa (Kelor), setelah ketemu bahan baku ini kemudian diolah agar bisa dikonsumsi dan bermanfaat dan digemari bagi masyarakat tetapi juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, nah akhirnya sekarang saya sudah bisa memproduksi sendiri moringa dan menghasilkan beberapa produk variant dari olahan kelor ini, dan Alhamdulillah ibu juga sakit gulanya turun dan beliau sehat sampai sekarang. Kami juga sering melakukan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat luar biasa dari kelor, awalnya sulit karena stigma masyarakat ke hal-hal ghaib, tapi secara perlahan akhirnya masyarakat menerima produk kami ini karena bermanfaat bagi kesehatan.

Sedangkan Nara Sumber Ketiga adalah Ihza Syahputra (CEO Rimba Jaya Banua) dengan produk Rimba Tea yang berbahan baku bajakah menjadi produk the yang berbahan baku bajakah, awal mulanya tertarik menjadi wirausaha karena bajakah masih viral-viralnya dan menurut riset dan info bajakah bisa menyembuhkan kanker dan kami melakukan riset dan bantuan alat untuk pengembangan produk dan kami mengurus PIRT dan sertifikasi halal. Dan kami juga mengikuti kegiatan yang diberikan IBT ULM. Kami masih melakukan riset untuk melahirkan beberapa variant produk dengan bahan baku bajakah.

Sebagai moderator pada Webinar keempat ini dipandu Susi Apriana, SE, M.Si selaku  Manager IBT-ULM yang seringkali menerima curhatan dari para tenant untuk berkonsultasi tentang permasalahan usaha yang dihadapi tenant. Saat event ini juga disampaikan apakah incubator itu, dijelaskan incubator tersebut adalah suatu wadah atau unit yang menginkubasi wirausaha pemula dengan program inkubasi,coaching, pendampingan dan pelayanan serta konsultasi bisnis agar kalau sudah terjun ke pasar sudah bisa mandiri dan siap untuk berkompetisi dengan para wirausaha-wirausaha yang sudah eksis di luar sana.

Pada saat pelaksanaan kegiatan webinar ini, telah diikuti peserta sebanyak 102 orang. Peserta yang mengikuti dari berbagai perguruan tinggi, mahasiswa, instansi, masyarakat pelaku wirausaha, dari berbagai sector dan dari seluruh Indonesia. Peserta yang mengikuti webinar ini sangat antusias dari awal sampai akhir. Dan harapan besar kami, pelaksanaan webinar ini sangat bermanfaat bagi peserta dan masyarakat luas lainnya.

Dari kegiatan ini diharapkan selain dapat sharing tentang pengalaman nara sumber untuk memulai usaha, motivasinya apa dan dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi tenant Inkubator Bisnis Teknologi (IBT ULM) dan juga kepada masyarakat luas serta pelaku wirausaha dan kami harapkan juga untuk memotivasi pelaku usaha untuk lebih meningkatkan lagi keinginan mereka untuk berwirausaha. Pada kesempatan ini disampaikan juga kepada peserta bahwa kalau ingin berkonsultasi lebih dalam lagi di persilakan untuk mengunjungi kantor Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Lambung Mangkurat, di IBT ULM mempunyai banyak sumber daya manusia yang berkompeten dan expert di bidangnya masing-masing dan nantinya sesuai permasalahan dan kebutuhan tenant membutuhkan solusi dibidang apa, akan kami arahkan untuk konsultasi ke pakarnya langsung yang ada di Universitas Lambung Mangkurat sebagai mentor di IBT ULM.

Universitas Lambung Mangkurat ke depan ingin menjadi Entrepreneur University, menjadi Universitas yang berbasis Wirausaha, sehingga sebagai mahasiswa diberi kesempatan untuk memunculkan keinginan dan jiwa untuk berwirausaha. Dan Inkubator Bisnis Teknologi ULM sangat diharapkan dapat berkembang lebih maju lagi untuk mendukung misi Universitas Lambung Mangkurat tersebut. Kami sampaikan juga bagi masyarakat luas yang ingin bergabung menjadi tenant IBT ULM tidak hanya dari mahasiswa ULM dan alumni, tapi masyarakat luas kami persilakan kalau memang berminat silakan mengunjungi IBT ULM dengan lokasi di Gedung IV lantai I Kampus ULM Banjarbaru, Jl. A Yani Km. 36 Banjarbaru, dan dipersilakan juga untuk mengunjungi laman website ibt.ulm.ac.id diwebsite ini IBT ULM juga dapat mempromosikan produk-produk tenant IBT ULM secara gratis.