Selasa/15 September 2020. Pada pelaksanaan webinar ke 2 Inkubator Bisnis Teknologi Univeritas Lambung Mangkurat (IBT-ULM) yang dilaksanakan pada hari Selasa, 15 September 2020 pada jam 09.00 WITA sampai dengan selesai. Pada webinar kali ini mengusung topic ”Bisnis Inovatif Berbasis Digital di Era Pandemi”, mengapa topic ini dipilih karena sangat diharapkan oleh para tenant IBT ULM ataupun masyarakat wirausaha apalagi di masa pandemi Covid 19 seperti ini topic-topik seperti ini sangat diharapkan untuk memberikan solusi, wawasan atas permasalahan yang dihadapi sebagai seorang entrepreneur. Webinar ke 2 ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc selaku Wakil Rektor 4 & Penanggung Jawab IBT ULM , pada kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa ini sebagai Universitas Lambung Mangkurat memiliki indikator kinerja utama, salah satunya mahasiswanya diharapkan menjadi seorang entrepreneur atau wirausaha, jadi tidak lagi hanya mencari pekerjaan tapi menciptakan pekerjaan dan kesuksesannya nantinya diharapkan dapat membuka lapangan kerja. Beliau juga menyampaikan bahwa ajang seperti ini memberikan motivasi dan ide terutama kepada generasi millennium, dan kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan untuk memperingati Dies Natalis Universitas Lambung Mangkurat yang ke 62. Universitas Lambung Mangkurat kedepannya ingin menjadi Entrepreneur University, jadi Universitas yang berbasis Wirausaha, maka dari itu sangat mendukung Inkubator Bisnis Teknologi semakin berkembang dan mandiri, bisa membantu masyarakat luas.

Pada webinar ini, IBT ULM menampilkan nara sumber yang berpengalaman dan menguasai di bidangnya masing-masing, ada tiga nara sumber yang berbicara pada webinar kali ini, Nara sumber yang pertama adalah Arief Arrachman, S.Kom selaku owner are’s Photography dan owner Rental Drone Kalsel, menyampaikan pengalamannya dibidang “Bisnis You Tube” disampaikan bagaimana menghasilkan uang dari You Tube; yang pemula jangan pernah merubah content video semau kita, harus disesuaikan dengan apa yang kita suka, agar kalau sewaktu-waktu kita ingin memperbaiki atau menambah content kita dapat dengan mudah dan cepat serta waktu jadi hemat. Konsistensi yang dibarengi dengan kualitas malah lebih bagus.

Untuk Nara Sumber kedua adalah Friska Abadi, S.Kom,M.Kom beliau adalah Staf Pengajar di Fakultas MIPA ULM dan berpengalaman dibidang Pemrograman WEB, Pemgrograman Visual dan Digital Informasi Indonesia, Pada kesempatan ini menyampaikan tentang “Bisnis berbasis Software”, disampaikan beliau bahwa  kita perlu mengamati, meniru dan modifikasi; di era pandemic seperti ini peluang bisnis yang menjanjikan antara lain design grafis, video editor, animator, pengembang game, dll yang berhubungan dengan software masih banyak lagi, dan quote yang disampaikan beliau sangat bagus yaitu “Succesfull Business Requires Once Simple “Passion”,  disampaikan juga untuk pemasaran produk kalau menggunakan media atau aplikasi, kita harus mengetahui trend aplikasi yang sedang booming saat ini dan karakter media atau aplikasi yang akan kita gunakan harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum kita menggunakan media atau aplikasi tersebut, dan harus diketahui juga kelebihan atau keunggulan serta kekhasan yang dimiliki media atau aplikasi tersebut apa.

Sedangkan Nara Sumber Ketiga adalah Dodon Turianto Nugrahadi, S.Kom, M.Eng beliau adalah Ketua Prodi Ilmu Komputer FMIPA ULM dan beliau merupakan Founder Filtro Smartwater (Filtro Smartwater adalah Tenant dari IBT ULM), beliau menyampaikan “Inovasi era 4.0” dan dipaparkan beliau bahwa tidak hanya jadi entrepreuner saja tapi harus mempunyai digital mindset sehingga bisa melihat dan membaca kemana dunia ini akan bergerak dan berjalan. Quote yang disampaikan beliau salah satunya adalah “sukses bukan sebuah kebetulan, sukses merupakan sebuah formula yang jelas dan orang-orang yang sukses memiliki pola pikir yang sama”. Disampaikan juga setiap media mempunyai peruntukan dan penggunaan yang berbeda, jadi harus menyesuaikan segmen pasarnya, yang menarik dan segmen pasar untuk produk kita di media mana yang cocok dan kalau sudah tidak cocok dan tidak sesuai lebih baik beralih ke media lain.

Sebagai moderator pada Webinar kedua ini adalah Susi Apriana, S.E, M.Si selaku Manager IBT-ULM memandu acara Webinar ini dari awal sampai selesai.

Pada saat pelaksanaan kegiatan webinar ini, telah diikuti peserta sebanyak 106 orang. Peserta yang mengikuti dari berbagai perguruan tinggi dan masyarakat luas lainnya dari berbagai sector dan dari seluruh Indonesia. Peserta yang mengikuti webinar ini sangat antusias dari awal sampai akhir. Dan harapan besar kami, pelaksanaan webinar ini sangat bermanfaat bagi peserta dan masyarakat luas lainnya.

Dari kegiatan ini diharapkan selain dapat sharing tentang bagaimana pemasaran produk menggunakan media, aplikasi dan media mana yang harus dipilih, peluang bisnis mana yang bagus di era pandemi ini serta bagaimana kelebihan dan larangan kalau kita menggunakan media contoh You tube, dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas serta motivasi untuk memulai sebuah usaha, diharapkan juga dapat menarik minat peserta untuk menjadi tenant IBT –ULM. Pada kesempatan ini disampaikan juga kepada peserta bahwa kalau ingin berkonsultasi lebih dalam lagi di persilakan untuk mengunjungi kantor Inkubator Bisnis Teknologi  Universitas lambung Mangkurat, karena IBT ULM mempunyai banyak sumber daya manusia yang berkompeten dan expert di bidangnya masing-masing dan natinya sesuai permasalahan dan kebutuhan tenant membutuhkan solusi dibidang apa, akan kami arahkan untuk konsultasi ke pakarnya langsung.

Universitas Lambung Mangkurat ke depan ingin menjadi Entrepreneur University, menjadi Universitas yang berbasis Wirausaha, sehingga sebagai mahasiswa diberi kesempatan untuk memunculkan keinginan dan jiwa untuk berwirausaha. Dan Inkubator Bisnis Teknologi ULM sangat diharapkan dapat berkembang lebih maju lagi untuk mendukung misi Universitas Lambung mangkurat tersebut. Kami sampaikan juga bagi masyarakat luas yang ingin bergabung menjadi tenant IBT ULM tidak hanya dari mahasiswa ULM dan alumni, tapi masyarakat luas kami persilakan kalau memang berminat silakan mengunjungi IBT ULM dengan lokasi di Gedung IV lantai I Kampus ULM Banjarbaru, Jl. A Yani Km. 36 Banjarbaru, dan dipersilakan juga untuk mengunjungi laman website ibt.ulm.ac.id diwebsite ini IBT ULM juga dapat mempromosikan produk-produk tenant IBT ULM secara gratis. Selanjutnya bagi para peserta yang ingin kembali menyaksikan tayangan webinar ini, bisa masuk ke link youtube https://www.youtube.com/watch?v=O_FXe-AaSOw

 

Sumber : Sekretariat IBT ULM