Dua tahun terakhir, Rumah Pengarang atau rumah pengrajin arang hadir menawarkan solusi alternatif, dimana kini bicara arang tidak lagi hanya berupa benda hitam, kotor, debu, asap dan bahan bakar untuk masak sate atau ikan bakar. Namun, arang kini sudah masuk ke ranah gaya hidup, fashion, kesehatan dan lain sebagainya.

Pemanfaatan arang dari bahan alami untuk kehidupan sehari-hari yaitu untuk pertolongan pertama pada keracunan, bahan obat sakit perut, gosok gigi, masker, detoksifikasi, dampak alergi masakan masakan laut dan lain sebagainya. Itulah beberapa manfaat yang hampir tidak kita ketahui.

Perlu upaya yang lebih serius untuk menghasilkan arang berkualitas premium. Dimana sangat mendukung bisa menambah nilai pada sebuah produk sehingga harga bisa naik lebih tinggi. Hampir selama enam tahun mengembangkan menggeluti produk arang kayu, Rumah Pengarang kini berinovasi produk arang untuk perhiasan, fashion, aksesoris, produk seni, kerajinan, furnitur dan beberapa produk turunan lainnya.

Langkah yang telah disiapkan rumah pengarang untuk mengurangi dampak lingkungan, yaitu:

  • Proses produksi pembakaran bahan baku terlokalisir disatu titik, hanya di lokasi produksi.
  • Bahan baku kayu bisa didapatkan dari penebangan penebangan pembukaan lahan, bahkan dari warga yang biasanya dibakar sebelum masuk masa tanam, sehingga dampak sistem pembakaran bisa teredam.
  • Asap dari sistem sistem pembakaran dilokasi produksi dapat ditangkap dan dicairkan menjadi
  • produk asap cair (cuka kayu) yang memiliki banyak manfaat yang belum populer digunakan sedangkan potensinya yang begitu besar. Sehingga asap tidak terbuang bebas diudara menjadi polusi.
  • Produksi bahan baku dapat terus dipertahankan dengan menanam sendiri. Menjadi penting berinovasi, menambah nilai produk, secara otomatis harga menjadi tinggi sehingga komponen harga pokok produksi untuk bahan baku menjadi layak.

Rumah Produksi Dengan Penangkap Asap Menjadikan Asap Menjadi Cair

PRODUK

  1. Arang untuk bahan bakar 
  2. Arang untuk industri
  3. Arang untuk gaya hidup
  4. Arang untuk kesehatan
  5. Destinasi outing class

Lebih Lanjut>>