IBT ULM Mengadakan Pelatihan Pembuatan Proposal PPBT

0
362

Ruang Sidang 1, Gedung IV ULM Banjarbaru/ 30 September 2019 – Di era perdagangan dan pengembangan ekonomi yang akan datang, Indonesia tidak mungkin lagi hanya mengandalkan industri-industri konvensional. Perusahaan berbasis teknologi akan menjadi salah satu motor penggerak utama pembangunan.  Dalam rangka membangun iklim yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya perusahaan pemula berbasis teknologi dan mendukung komersialisasi hasil litbang di Indonesia, Kemenristekdikti setiap tahun mengadakan kegiatan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi.  Peran Lembaga Inkubator Bisnis Teknologi (termasuk IBT ULM) sangat penting dalam rangka proses inkubasi terhadap perusahaan pemula ini. Hal ini dikarenakan perusaan pemula sangat rentan kegagalan diawal pendirian, sehingga diharapkan dengan adanya proses inkubasi oleh IBT ULM (Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Lambung Mangkurat) perusahaan pemula mampu masuk ke pasar secara optimal.

Sehubungan dengan tujuan di atas, dan dalam rangka mempersiapkan proposal PPBT untuk Tahun Pendanaan 2020, maka IBT ULM melalui program “Calling for Tenants” mengundang para tenant dan start up untuk mengikuti kegiatan “Pelatihan Pembuatan Proposal PPBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi).  Acara dilaksanakan pada Hari Senin,  tanggal 30 September 2019, bertempat di Ruang Sidang 1 Gedung IV ULM, diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari 20 kelompok tenant.  Acara dibuka langsung oleh Ketua IBT ULM, Dr. Totok Wianto, S.Si, M.Si dan pemateri/trainer adalah manajer IBT ULM, Susi Apriana, S.E,M.Si dan CEO Smart Water (tenant yang lolos PPBT tahun 2019).

Dalam acara ini diperkenalkan apa itu PPBT, Gambaran Umum Penyusunan Proposal,, Bagaimana strategi dan kita-kita dalam penyusunan proposal PPBT, dan apa saja yang perlu dipersiapkan jika akan membuat proposal PPBT serta sharing pengalaman pembuatan proposal dari tenant yg didanai tahun 2019. Dikarenakan waktunya yang terlalu singkat, maka proses inkubasi perdana ini dapat diteruskan dengan pendampingan dan konsultasi dalam praktek pembuatan proposal PPBT bagi para tenant akan terus dilakukan oleh IBT ULM meskipun waktu pelatihan telah berakhir. Para tenant dapat langsung mendatangi kantor IBT ULM untuk konsultasi, maupun menghubungi melalui email  IBT ULM (ibt.ulm@gmail.com ) dan kontak WA Manajer IBT ULM (Susi Apriana : HP 0821-3668-4163).

Sumber: secretariat ibt-ulm (30  September 2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here